Tag

, , , , , ,

“Hai sekalian manusia, bertaqwalah kepada Tuhanmu yang telah menciptakan kamu dari seorang diri, dan dari padanya Allah menciptakan isterinya; dan dari pada keduanya Allah memperkembang biakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertaqwalah kepada Allah yang dengan namaNya kamu saling meminta satu sama lain, dan peliharalah hubungan silaturrohim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu.” (QS An Nisa’, 4:1)

Tak terasa sudah 7 tahun forum silaturrohim keluarga besar Bani Achmad Rowi menyelenggarakan Khaul dan Halal bihalal setiap awal bulan Syawwal. Mulai dari rumah keturunan putera pertama hingga ke 7, semakin bertambah pula yang hadir. Semakin marak pula suasana acara keluarga besar kita.

Namun setelah acara itu berlangsung “satu putaran”, sesuai jumlah putera mbah Mad Rowi, nama akrabnya, ternyata masih juga ada yang terasa kurang, yakni Data Keluarga. Padahal sejak awal dibentuknya forum silaturrohim ini sudah mulai diusahakan mengumpulkan data itu untuk dijadikan buku keluarga. Namun adanya berbagai kendala, sampai kini,  khaul sudah 7 kali, buku itu belum jadi. Karena data yang diharapkan dari para anggauta keluarga belum terkumpul juga.

Sebenarnya pernah juga dicoba dengan cara yang sederhana untuk memudahkan pengumpulan data keluarga. Yang diminta itu nggak terlalu sulit, cukup foto copy Kartu Susunan Keluarga (KSK). Namun itu toh belum juga ada hasilnya. Maka melalui blog sederhana ini diupayakan untuk menggugah para blogger bani Mad Rowi, agar bisa membantu supaya niat mulia itu bisa terlaksana.

Sengaja kami memilih platform wordpress ini maksudnya agar semua mudah mengakses forum silaturrohim ini. Baik sekedar untuk membaca, mencari data, memberi saran, maupun menginput data. Jadi diharapkan setidaknya di setiap kota ada seorang “relawan” yang menjadi editor untuk menginput data keluarga. Tentu ada juga yang bertugas mencari data, baik berupa KSK dan foto, dari rumah ke rumah keluarga kita. Sehingga datanya bisa segera disusun disini. Dengan kerja keroyokan macam ini diharapkan buku keluarga kita bisa segera menjadi nyata.

Dari para “sesepuh” forum silaturrohim ini juga diminta bantuannya, untuk sekedar berbagi cerita tentang sosok mbah Mad Rowi.  Juga para leluhur yang sudah melahirkan dan mendidiknya. Maksudnya agar para cucu dan buyut punya sedikit gambaran mengenai Punjernya.

Bila kita mau menyimak ayat di atas (QS 4:1), sebenarnya upaya “ngumpulne balung pisah” seperti ini merupakan perintah. Jadi suka atau tidak, berat atau ringan,  hal itu wajib dilaksanakan oleh kita semuanya. Maka marilah kita saling membantu bagaimana baiknya, agar Syawwal tahun depan Buku Kelurga Bani Achmad Rowi sudah jadi. Insya Allah.

@Fauzi-10Wassalam,

Surabaya, 5 Syawwal 1430H / 25 September 2009

a.n. Sekretaris Panitia

Achmad Fauzi Asmuni

email : rowi@in.com

Jl. Nginden Kota Bengkok 1/7 RT 04 RW 07 Kel. Barata Jaya, Kec. Gubeng, Surabaya – 60284.  Hp. 0852 3518 7172 ; 0828 3320 215 email: af58@in.com

Catatan : Bila anda mempunyai artikel agama, undangan atau berita tentang anggota keluarga yang : wafat, sakit, melahirkan, khitanan atau pernikahan, harap dikirim ke admin :  rowi@in.com

Posting terkait :

Rowi-baner1