Tag

Peringatan 40 hari wafatnya  KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur dilakukan di 3 tempat, yakni di ponpes Tebuireng, ponpes Denanyar, Jombang dan ponpes Ciganjur, Jakarta. Tiga tempat itu merupakan bagian dari keluarga besar Gus Dur.

Di Tebuireng berbagai persiapan mulai dilakukan. Di dekat makam mantan presdien ke-4 itu mulai didirikan sedikitnya 20 tenda. Dan puluhan ribu kursi juga mulai berdatangan.

Pengasuh ponpes Tebuireng, KH Salahudin Wahid alias Gus Solah, mengatakan, jumlah pengunjung 40 hari Gus Dur diperkirakan 30 ribu lebih. Untuk memudahkan pengunjung mengikuti tahlil, di area pondok akan disediakan layar lebar sekitar 11 buah.

“Peringatan 40 hari meninggalnya Gus Dur dilaksanakan pada Minggu malam atau 7 Februari,” kata adik kandung Gus Dur ini, Jumat lalu (5/2). Sedangkan di ponpes Denanyar dilaksanakan lebih awal, yakni 6 Februari.

Menurut Gus Solah, salah satu tokoh yang akan hadir dalam tahlilan itu adalah Mahfud MD, ketua Mahkamah Konstitusi (MK).

“Yang sudah pasti datang adalah Pak Mahfud MD. Karena beliau sudah menghubungi saya dan memastikan untuk datang ke acara tersebut,” pungkas Gus Solah.

Namun tidak menutup kemungkinan beberapa tokoh lain juga hadir. Karena acara peringatan 40 hari Gus Dur terbuka untuk umum, kata Gus Solah. (nu.or.id)