Tag

,

Bung Karno SholatPada tahun 1956 Presiden RI pertama, Ir. Sukarno, berkunjung ke Amerika Serikat. Ketika tiba saatnya sholat, Bung Karno dan rombongan menuju salah satu masjid untuk bersujud. Moment religi itu sempat diabadikan oleh staf kedubes RI di sana.

Usai shalat berjamaah, Bung Karno berdoa sejenak. Kemudian ia bangkit berdiri lagi untuk kembali melaksanakan sholat sunah dua raka’at. Anggota rombongan lain ada yang mengikuti Bung Karno sholat sunah, ada yang tekun berdzikir, dan ada pula yang beringsut mundur, dan menunggu di luar masjid.

Usai sholat sunnat, tak pernah lupa Bung Karno khusuk berdoa. Tampak di sebelah kiri Bung Karno adalah Roeslan Abdulgani. Diplomat muda, pahlawan pada pertempuran heroik 10 November 1945 di Surabaya. Ia kemudian diangkat menjadi Menteri Luar Negeri, dan termasuk tokoh di balik Konferensi Asia Afrika Bandung yang bersejarah itu. Roeslan Abdulgani wafat 29 Juni 2005 dalam usia 91 tahun.

Bung Karno Sholat

Bung Karno juga berlaku seperti umumnya jamaah masjid. Di dalam masjid, tidak ada presiden, tidak ada menlu, tidak ada pejabat. Yang ada hanya imam dan makmum. Begitu pula usai shalat, Bung Karno dengan santai duduk di tangga masjid untuk mengenakan sepatu, seperti halnya jamaah yang lain.

Usai shalat, Bung Karno kembali melanjutkan protokol kunjungan kenegaraannya di Amerika Serikat. Antara lain menggelar pembicaraan bilateral dengan Presiden Dwight Eisenhower yang dikisahkan “kurang mesra”.  (roso daras)

Bung Karno usai Sholat di USA