Tag

,

Gus Dur - Presiden RIAda berbagai cara yang dilakukan orang untuk mengenang sosok mantan Presiden Abdurrahman Wahid, alias Gus Dur, yang meninggal dunia di usia ke-69, akhir tahun lalu (30/12/09).

Salah satu cara adalah membandingkan Gus Dur dengan Presiden SBY dan menyebarkan perbandingan itu untuk diperbincangkan di dunia maya. Dan rupanya banyak juga yang suka.

Berikut adalah perbandingan Gus Dur dan SBY tersebut:

Gus Dur tidak peduli pada penampilan, sementara SBY sangat peduli pada penampilan. Bahkan Megawati sering menyindirnya suka “Tebar Pesona“.


Gus Dur adalah orang sipil yang berani melawan kubu militer. Ia, misalnya, memecat Jenderal Wiranto. Sementara SBY adalah pensiunan jenderal yang terkadang takut melawan sipil. Ia, misalnya, tidak berani menangkap Anggodo cs yang telah mencatut namanya.

Gus Dur juga dinilai berani melawan arus meski cuma didukung minoritas. Ini berbeda dengan SBY, yang kendati didukung mayoritas kadang tak berani mengikuti arus.

Hal lain adalah, Gus Dur kerap membuat opini sendiri meski terkadang kontroversial. Adapun SBY selalu kerap mengiktui opini orang lain dan terkadang menunggu hasil polling.

Soal ungkapan yang sering disampaikan keduanya pun dijadikan bahan yang diperbedakan. Gus Dur kerap berkata, “Gitu aja kok repot!” Di sisi lain, pernyataan favorit SBY, adalah, “Saya difitnah!”

Bagaimana dengan nasib keduanya?

Ya, Gus Dur harus meninggalkan istana pada bulan Juli 2001 setelah ribut-ribut Buloggate yang jumlahnya miliaran rupiah. Sementara nasib SBY belum lagi diketahui. Namun yang jelas, Centurygate yang menyerempet pemerintahannya bernilai Rp 6,7 triliun atau ribuan miliar. Walau kasus itu sudah dipansuskan DPR RI, namun sampai kini belum jelas kelanjutan “ceritanya”. (RMOL)