Tag

, , , ,

“Hanya yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan Hari kemudian, serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun) selain kepada Allah, maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk.” (QS At-Taubah, 9:18)

Mosquelife, jejaring sosial muslim, memperkenalkan Mosque Directory. Layanan terbaru Mosquelife ini bertujuan untuk menghimpun data setiap mesjid, agar menjadi sumber yang bermanfaat, dan berusaha mendekatkan penggunanya dengan mesjid.

“Fitur kami berupaya mendekatkan kehidupan muslim modern dengan mesjid, dengan cara yang lebih mudah. Mosque Directory menyediakan fitur-fitur untuk pemberdayaan rakyat,” ujar Eko Budhi Suprasetiawan, salah satu relawan Mosquelife.

Melalui Mosque Directory pengguna bisa mendaftarkan mesjid atau mushola di lingkungan rumah, sekolah, kampus, atau kantor mereka dengan mencantumkan posisi dan alamat lokasi, juga menulis review tentang mesjid tersebut. Lokasi itu akan dipetakan dengan Google maps, sehingga mudah dicari user lainnya melalui pc maupun hp.

Jama’ah atau pengurus masjid bisa menulis informasi seputar kegiatan di masjidnya, agar diketahui pengguna lainnya. Semua aktivitas di Mosquelife bisa terhubung langsung sebagai update status di Facebook maupun Twitter. Pengguna bisa juga menjadi follower dari masjid yang diinginkan.

“Dengan demikian jika ada berita kegiatan di masjid tersebut, dia akan mendapatkan notifikasi update melalui email. Semua rangkaian fitur baru kami ini diharapkan bisa memudahkan untuk back to masjid, dan semakin social,” jelas Eko.

Mosquelife juga menyediakan fitur bernama News Wall, yakni semacam majalah dinding (mading) mesjid yang bersifat virtual. Fitur ini memungkinkan pengguna memposting artikel menarik seputar dunia Islam atau berita lokal yang menarik, atau topik diskusi hangat untuk pemberdayaan jamaah. (detikinet)

Jejaring Sosial Muslim Lokal

Mosquelife adalah jejaring sosial berbasis lokasi bernuansa Islami asal Indonesia. MosqueLife memperkenalkan check-in yang unik, yaitu check-in ke Al-Qur’an.

“Have you Check-In to al-Qur’an today ? Lets commit a time to read, understand and practise al-Qur’an…,” itulah   tampilan utama situs Mosquelife.

“Sebenarnya layanan ini kami hadirkan untuk mewarnai Facebook dengan konten yang menyegarkan,” kata Eko, mewakili tim Mosquelife.

“Situs ini juga mencoba mengikuti gelombang popularitas check-in seperti layanan yang disediakan Foursquare,” ucapnya.

Fitur Check-in ke al-Qur’an dapat membantu para Facebooker untuk berbagi ayat-ayat al-Qur’an setiap hari dengan kawan-kawannya.

“Selain itu, kita juga bisa melihat ayat-ayat apa saja yang sedang dibahas oleh Facebooker,” jelasnya.

Untuk mendaftar kita dapat login ke Mosquelife memanfaatkan akun Facebook. Setiap kali membaca ayat-ayat suci Al-Qur’an dan menemukan ayat yang ingin ia bagikan ke rekan-rekan, kita dapat menekan tombol Check-In. Ayat ini kemudian akan dibagikan ke teman-teman di Facebook lewat wall.

Kita bisa memilih Browse untuk melihat siapa saja rekan-rekan yang sedang membaca atau membahas ayat yang bersangkutan.

“Saat ini kami sedang meriset algoritma untuk menayangkan fitur ayat terpopuler,” kata Eko.

“Kalau di twitter ada trending topics, kita di MosqueLife nantinya akan dapat melihat ayat-ayat apa yang sedang banyak dibahas,” ucapnya.

Selain dapat dimanfaatkan oleh pengguna PC desktop atau notebook, Mosquelife juga bisa diakses lewat pengguna mobile yang memanfaatkan smartphone. Meski demikian, saat ini versi mobile-nya masih dalam pengembangan.

“Tampilannya memang belum pas, akan tetapi ini terus kami kerjakan agar dapat memenuhi kebutuhan pengguna,” ucap Eko. (vivanews)

 

checkin-to-alquran

checkin-to-alquran