Tag

,

KH Abdurrahman Wahid almarhumFenomena yang terjadi di makam KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) ternyata membuat heboh masyarakat. Bahkan terdapat ungkapan, meski sudah meninggal pun, mantan Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) itu masih juga bisa membuat heboh.

Hal itu dilontarkan Ketua Tanfidziyah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur, KH Muttawakkil Alallah. Menurut Kiai Muttawakil, fenomena jasad Gus Dur masih utuh serta kain kafan masih terlihat putih, sangat beralasan. Sebab, Gus Dur memiliki keistimewaan.

“Istilahnya, Gus Dur memiliki karomah atau keisitimewaan dengan derajat seorang Waliyulloh,” katanya kepada okezone, Sabtu (19/2).

Dia menjelaskan, karomah ini merupakan keistimewaan kepada orang yang terpilih. Hal itu di luar sunnatulloh atau kebiasaan. Di dalam sunnatulloh, seperti kalau garam selalu asin dan gula selalu manis.

Bahkan di kalangan ilmuwan barat, sunnatullah ini biasa disebut dialektika alam. Sementara, yang terjadi di makam Gus Dur di luar sunnatulloh. Umumnya, setiap jasad yang terkubur pasti akan hancur.

Hal itu, katanya, merupakan bukti penunjukkan kebesaran Allah. “Karomah Gus Dur itu adalah skenario Allah yang di tampilkan ke alam semesta,” tambahnya.

“Dan yang memiliki keistimewaan itu adalah orang-orang yang saleh semasa hidup,” tandas pengasuh Pondok Pesantren Genggong, Probolinggo, itu. [okezone]

Gus Dur makamnya diperbaiki

Berita yang masih hangat tentang amblesnya makam Gus Dur :