Tag

, , , , , , , , ,

buku karya ibnu sinaSumbangan dunia Islam terhadap ilmu pengetahuan dipamerkan kepada publik Qatar sejak Kamis lalu. Dalam pameran itu, pengun- jung bisa melihat ide-ide penemuan yang lahir dari dunia arab pada abad ke-8 hingga 15.

Pameran yang bertajuk “Masa Kejayaan Ilmu Pengetahuan Dunia Islam” ini merupakan hasil kerjasama antara Kedutaan Prancis dan Institute of Arab World, Paris. Tercatat  40 galeri dan museum di seluruh dunia ikut serta dalam pameran tersebut.

Seperti dikutip Alarabiya.net, Jum’at (18/3), kurator pameran, Prof. Ahmad Djebbar, matematikawan asal Perancis dan peneliti sejarah ilmiah, mengatakan masyarakat yang mengunjungi pameran akan memperoleh informasi secara detil tentang sumbangsih ilmuwan Islam melalui beragam medium, seperti audio visual berikut dengan peninggalan-peninggalan yang tersisa seperti manuskrip dan artefak.

Duta Besar Prancis di Qatar, Gilles Bonnaud, mengatakan Dunia Arab telah bertahun- tahun memainkan peran kunci dalam mempromosikan budaya, bahasa, dan sejarah Arab.

“Kawasan ini juga memancarkan peradaban yang kaya dan beragam serta membangun satu bagian yang menghubungan antara budaya dan masyarakat,” komentar dia.

Dalam pameran tersebut ditampilkan berbagai teknik dan alat yang digunakan dalam astronomi, lingkungan, matematika, serta hidrolika yang melibatkan kemajuan dalam pengelolaan air dengan cara merancang arsitektur dan rekayasa. Pameran juga mencakup penemuan teknologi kedokteran oleh Ibnu Sina yang masih digunakan hingga saat ini. Pameran berlangsung hingga 30 April mendatang. [republika]

ilmuwan islam klasikarab-world-institute