Tag

, , , , ,

aisyah-hamid-baidlowiBanyak orang sering salah anggapan ketika mengira KH Abdul Wahid Hasyim, putera pendiri NU KH Hasyim Asy’ari, adalah Menteri Agama Republik Indonesia yang pertama. Sejatinya ayahanda KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) ini adalah Menteri Agama ketiga.

Hanya saja, karena KH A. Wahid Hasyim adalah tokoh termuda dari 9 tokoh nasional yang menandatangani Piagam Jakarta, terlebih sebagai satu-satunya wakil dari kalangan santri tradisional, maka orang sering mengang-gapnya sebagai Menteri Agama pertama. 

Demikian dinyatakan oleh Ibu Nyai Hj. Aisyah Hamid Baidlowi dalam tausiyahnya pada acara Majlis Sholawat Gus Dur, di Masjid al-Munawwaroh Pesantren Ciganjur Jakarta,  Ahad (10/4).  Menurut Nyai Aisyah, KH A. Wahid Hasyim berhasil menjembatani perdebatan sengit antara kubu nasionalis yang menginginkan bentuk Negara Kesatuan, dan kubu Islam yang menginginkan bentuk negara berdasarkan syariat Islam.

“Ini kemudian diartikan oleh banyak orang, bahwa Kiai Wahid, adalah tokoh peletak dasar kerukunan beragama di republik ini. Memang generasi sekarang tidak terlalu banyak yang mengenal KH A Wahid Hasyim ini. namun Beliau adalah tokoh penting dalam kehidupan beragama di negeri ini,” tutur Aisyah yang merupakan puteri KH A. Wahid Hasyim di hadapan ratusan jamaah sholawat Gus Dur.

kh a wahid hasyim tokoh persatuan umat beragamaLebih lanjut Aisyah menjelaskan, Kiai Wahid juga berhasil membuktikan bahwa NU mampu menjadi bagian besar dan penting dalam perjalanan Republik Indonesia. Baik ketika NU menjadi orga- nisasi kemasyarakatan maupun ketika menjadi partai politik.

“Karena penghormatan terhadap jasa-jasa beliau inilah, dan juga untuk lebih mengenalkan kembali sosok KH A Wahid Hasyim kepada generasi muda, maka panitia peringatan Seabad KH A Wahid Hasyim menggelar berbagai acara di berbagai tempat untuk berbagai kalangan,” kata nyai Aisyah, mantan Anggota DPR RI ini.

Acara puncak peringatan Seabad KH A Wahid Hasyim akan digelar dalam bentuk Istighotsah Akbar pada tanggal 2 Juni 2011di masjid At-Tien, Taman Mini Indonesia Indah Jakarta. [nu-online]

kha wahid hasyim - Peletak Dasar Kerukunan Beragama

Artikel yang masih hangat tentang KH Abdul Wahid Hasyim