Tag

, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

buku muslim marhamahWacana Islam rahmatan lil ‘alamin senantiasa didengungkan para pemikir muslim, termasuk Nahdlatul Ulama (NU). Islam dengan ajeksi demikian ini ditujukan untuk membawa rahmat kedamaian bagi semesta alam yang dalam percaturan global dewasa ini menis-cayakan sinergi dan kerjasama antar umat Islam, bahkan antar agama di muka dunia untuk perdamaian.

Dalam al-Qur’an, ajaran mengenai hidup dan kehidupan ini tampak begitu ideal dan agung. Islam mengajarkan kepada para pengikut nya agar selalu mengembangkan kesalehan dan kepedulian terha dap sesama, menjunjung tinggi sikap marhamah (penuh kasih sayang), mengembangkan kualitas diri, serta berprilaku yang mencerminkan akhlakul karimah.

Karakter dasar Islam sebagai agama yang mengejawantahkan misi kerasulan Muhammad Saw berbentuk ajaran yang berlandaskan marhamah atau rahmat (kasih sayang) diperun tukkan bagi segenap alam semesta (QS. al-Anbiya’ 21: 107). Namun karakter dasar tersebut terdistorsi oleh beragam pemahaman atas teks sumber pokok ajaran (Al-Qur’an–Sunnah–Hadis) ketika diperhadapkan pada struktur masyarakat Indonesia yang tergolong majemuk dan terakumulasi menjadi doktrin-doktrin keagamaan radikal (tatharruf).

Masyarakat majemuk menurut Clifford Greets (dalam Nasikun, 1984) adalah masyarakat yang terbagi ke dalam sub sistem yang berdiri sendiri, masing-masing terkait oleh ikatan bersifat primordial. Ikatan berbasis etnisitas, agama dan kepercayaan, pandangan politik dan sebagainya. Identitas agama dalam struktur masyarakat majemuk – berdasar catatan sejarah – telah memperlihatkan legitimasi paling efektif dalam memperkuat posisi kelom pok. Hal itu terjadi karena keyakinan (credo) terhadap doktrin agama rentan memuncul kan klaim kebenaran (claim of truth) di kalangan pemeluk agama masing-masing.

Tatkala fanatik keagamaan diikuti oleh solidaritas kelompok secara berlebihan, maka akan muncul perilaku keagamaan yang ekstrim berupa sentimen kolektif terhadap kelompok pendukung faham keagamaan yang lain. Perlawanan oleh kelompok faham keagamaan yang berseberangan sangat mungkin berupa tindakan kekerasan kolektif.

Realitas kekerasan bernuansa keagamaan di Indonesia jelas berindikasi penyimpangan (deviasi) terhadap teks-teks sumber pokok agama (Islam) dipahami secara tidak benar dan membentuk doktrin-doktrin. Sayyid Muhammad ‘Alawi (1424: 45) menegaskan bahwa faktor penyebab radikalisme pemahaman ajaran Islam adalah “sathahiyyatu al-tsaqafah wa al-fiqhi fi al-dini” (kedangkalan ilmu pengetahuan dan kedangkalan wawasan keagamaan).

Prediksi akan terjadi penyimpangan (deviasi) terhadap sumber pokok ajaran Islam telah disampaikan oleh Nabi Saw melalui a’lam al-nubuwah-nya seperti diriwayatkan oleh Ibnu ‘Adiy dkk bahwa human error dalam memahami agama (Islam) bisa mengambil bentuk penyimpangan (tahrif) akibat sikap ekstrim, penyesatan atas nama agama (intihal) oleh musuh Islam dan pengulasan makna (ta’wil) oleh orang-orang yang bodoh. Hadis tersebut termuat dalam Miftahu Dar al-Sa’adah, koleksi Ibnu al-Qayim yang diriwayatkan pula oleh Abi Hurairah, Ali bin Abi Thalib, Ibnu ‘Amr, Abi Umamah dan Jabir bin Samurah ( Yusuf Al-Qaradhawi, 1991: 28).

Antisipasi terhadap arus gerakan radikalisme-fundamentalisme menurut Bassam Tibi perlu mensinergikan hadarah al-nash (penyangga budaya teks bayani), hadarah al-‘ilmi, hadarah al-falsafah dan dikombinasikan dengan humanities kontemporer (Amin Abdullah, 2006: 403). Pola sinergi tersebut guna menghindari jebakan pitfall (keangkuhan disiplin ilmu yang merasa pasti dalam wilayah sendiri-sendiri tanpa mengenal masukan dari disiplin di luar dirinya).

Bagi bangsa Indonesia eksistensi, peran dan fungsi umat Islam sangat strategis sebagai pengendali, penggerak, dan pemandu perubahan sosial di tengah dinamika global. Di sinilah dibutuhkan karakter muslim yang ramah, konsisten menghargai pluralitas, serta mampu bekerjasama dengan komponen bangsa lain dalam membangun bangsa menuju terwujudnya Indonesia yang adil, makmur dan sejahtera. Karakter muslim seperti ini disebut dengan karakter muslim marhamah yang menghidupkan kembali ajaran Islam sebagai agama yang rahmatan lil alamin (penebar kasih sayang bagi seluruh alam).

Islam rahmat jelas menolak dan melarang pemakaian kekerasan demi untuk mencapai tujuan-tujuan (al-ghayat), termasuk tujuan yang baik sekalipun. Sebuah kaidah ushul dalam Islam menegaskan al-ghayah la tubarrir al-wasilah (tujuan tidak bisa menghalal- kan segala cara). Lebih jauh, Islam menegaskan bahwa pembasmian suatu jenis kemung karan tidak boleh dilakukan dengan kemungkaran pula (al-nahyu ‘an al-munkar bi ghair al-munkar).

Tidak ada alasan etik dan moral yang bisa membenarkan suatu tindakan kekerasan ataupun teror. Kalau ada tindakan-tindakan kekerasan atau teror yang dilakukan oleh kelompok Islam tertentu, maka jelas alasannya bukan karena ajaran etik-moral Islam, melainkan karena agenda-agenda lain yang bersembunyi di balik tindakan tersebut.

Di sisi lain Nahdlatul Ulama (NU) adalah salah satu organisasi keagamaan terbesar yang sangat serius dalam mewujudkan Islam sebagai agama yang rahmatan lil alamin. Konsepsi Islam rahmatan lil alamin dalam NU tercermin dalam dasar-dasar sikap kemasyarakatan NU yang tercakup dalam nilai-nilai sebagai berikut:

Pertama, tawassuth (moderat) dan i’tidal (lurus/tegak), yaitu, sikap tengah dan lurus yang berintikan prinsip hidup yang menjunjung tinggi keharusan berlaku adil dan lurus di tengah kehidupan bersama, dan menghindari segala bentuk pendekatan yang bersifat tatharruf (ekstrem). Nilai ini disarikan dari ayat al-Quran surat al-Baqarah: 143 dan al-Maidah: 8.

Kedua, tasamuh (toleran), yaitu, sikap toleran terhadap perbedaan pandangan, baik dalam masalah keagamaan (terutama yang bersifat furu’iyyah), kemasyarakatan, maupun kebudayaan. Nilai ini disarikan dari ayat al-Quran surat Thaha: 44.

Ketiga, tawazun (seimbang), yakni menyeimbangkan pengabdian kepada Allah, manusia, dan lingkungan. Juga menyelaraskan kepentingan masa lalu, kini, dan akan datang. Nilai ini disarikan dari ayat al-Quran surat al-Hadid: 25.

Keempat, amar ma’ruf nahi munkar. NU selalu memiliki kepekaan untuk mendorong perbuatan yang baik dan bermanfaat bagi kehidupan bersama, serta menolak dan mencegah segala hal yang berpotensi merendahkan nilai-nilai kehidupan.

NU dengan nilai-nilai tersebut benar-benar berkomitmen untuk membumikan Islam rahmatan lil ’alamin, baik dalam ranah agama, sosial, hukum dan politik, baik dalam lingkup nasional maupun internasional. Nilai-nilai tersebut tidak hanya dipahami sebagai doktrin akan tetapi juga harus dipahami sebagai metode berpikir (manhaj al-fikr) dalam mencarikan solusi atas berbagai persoalan umat yang kompleks.

Nah dalam konteks tersebut buku yang diterbitkan LTN-NU Jombang ini dapat dikatakan bentuk ikhtiar NU (dalam hal ini antara lain dilakukan oleh PCNU Jombang) yang ingin bersama unsur- unsur anak bangsa di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) mewujudkan Islam yang rahmatan lil’ alamin atau menjadi muslim yang mempunyai karakter yang ‘marhamah’ (penuh kasih sayang).

Buku ini ditulis setelah melalui beberapa rangkaian tahapan. Dimulai dari Halaqah Regional “Menjadi Muslim Marhamah” pada 05 Desember 2010 dengan nara sumber Imam Aziz MA, Prof Dr Kacung Maridjan (Pengurus PBNU), KH Hasyim Abbas (Syuriah PWNU Jawa Timur), dan KH Hasan Mutawakkil Alallah (Ketua Tanfidziyah PWNU Jawa Timur) yang mempertemukan dan melibatkan ragam pikiran nahdliyyin dari kalangan akademisi, para kiai muda atau gus-gus pesantren dan aktivis sosial atau LSM.

Kemudian diskusi grup terfokus (FGD) yang melibatkan 16 peserta terpilih yang mewakili ragam pikiran tersebut. Dan kemudian mengerucut pada 4 penulis yaitu Alfiyah Ashmad, M Dimyati, Syamsul Rijal dan Yusuf Suharto yang didampingi KH Abdul Kholik Hasan (Wakil Katib syuriah PCNU Jombang) dalam eksplorasi diskusi beberapa kali, untuk mematangkan penyusunan materi dan teknis buku

Buku bercover hijau yang diberi kata sambutan oleh Rais Syuriah PCNU Jombang (KH. Abd. Nashir Fattah) dan Ketua Tanfidziyah PCNU Jombang (Dr KH Isrofil Amar) dengan jumlah 225 halaman ini terdiri dari tiga bab. Bab pertama mengkaji tentang hakikat muslim marhamah yang berisi sub bab tentang istilah, pengalaman sejarah, landasan spirit, konstruksi, dan berpikir dan bertindak model muslim marhamah.

Bab kedua tentang HAM yang ber sub bab tentang HAM dalam Qur’an dan hadits, sejarah HAM di dunia Islam dan Indonesia. Bab ketiga tentang pemaknaan jihad, dan bab keempat tentang pergulatan NU dalam menghadapi radikalisme.

Sebagai kumpulan tulisan dari hasil diskusi dan pemikiran para generasi muda NU, maka buku ini mungkin ditemukan beberapa kelemahan, baik dari aspek metodologis maupun teknis penulisannya, karena ditulis dalam corak bahasa masing- masing tim penulis yang terasa ‘sulit’ untuk disinergikan menjadi satu gaya bahasa.Namun secara keseluruhan, ruh kesamaan cara pandang sebagai orang “NU”, menjadikan buku ini dapat dikatakan telah mengalami ‘sinergi’ dalam isi.

Bagaimanapun buku ini adalah ikhtiar yang harus terus berkelanjutan di masa mendatang dengan karya- karya yang kontekstual dan dibutuhkan masyarakat dan membawa manfaat bagi warga NU dan masyarakat muslim di Indonesia. Dan ke depan diharapkan ada lanjutan kerja- kerja intelektual yang tampil kritis namun tetap santun dan menghargai. Semoga. [nu-online]

Judul: Muslim Marhamah; Citra Diri Muslim Ahlussunnah wal Jama’ah
Penulis: Dimyathi, Syamsul Rijal, Alfiyah, dan Yusuf Suharto
Tahun Terbit: Maret 2011
Penerbit: Pustaka Muhibbin dan LTN-NU Jombang
Jumlah halaman: 225
Peresensi: Shofia Rachman, p
engajar pesantren Darul Ulum Jombang

Artikel terkait dari blog tetangga😀