Tag

, , , , , ,

gus sholah - pendiri nu layak jadi pahlawan nasionalKH Sholahuddin Wahid (Gus Sholah) menilai, pemerintah seharusnya juga memberi gelar pahlawan nasional kepada dua pendiri Nahdlatul Ulama (NU). Kedua pendiri NU itu adalah KH Abdul Wahab Hasbullah dan KH Ahmad Shiddiq.

Menurut adik kandung Gus Dur ini, KH Abdul Wahab merupakan salah satu pendiri NU, sedangkan KH Ahmad Shiddiq merupakan tokoh NU yang berperan besar yang menerima ideologi Pancasila ke dalam NU.

“Ada dari NU yang lebih berhak, pertama KH Abdul Wahab Hasbullah yang mendirikan NU. Yang kedua KH Ahmad Shiddiq, orang di belakang NU yang menerima Pancasila,” ujar Gus Sholah di gedung DPR RI Jakarta, Selasa (8/11).

Terkait dua pendiri NU tersebut, Gus Sholah akan meminta dukungan agar keduanya bisa menjadi pahlawan nasional. Gus Sholah akan menggalang dukungan di basis-basis NU.

“Makanya itu saya mengajak kawan-kawan di Jawa Timur, ya tentunya satu persatu ya melakukan langkah agar diakui sebagai pahlawan Nasional. Karena keduanya sangat layak,” terang Gus Sholah.

Seperti dikabarkan, pemerintah baru saja menetapkan 7 pahlawan nasional baru. Pemberian gelar Pahlawan itu dilakukan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono kepada ahli waris para pahlawan nasional tersebut.

Inilah nama-nama pahlawan nasional yang ditetapkan di Istana Negara, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (11/8):
1. Mr Sjafruddin Prawiranegara
2. Idam Chalid
3. Buya Hamka
4. Ki Sarmidi Mangunsarkoro
5. I Gusti Ketut Pudja
6. Sri Susuhunan Pakubuwono X
7. Ignatius Joseph Kasimo. [detik]

Video: Tujuh Tokoh Dianugerahi Gelar Pahlawan Nasional