Tag

, , , ,

kh hasyim muzadiTragedi Mesuji yang terjadi di Sungai Sodong, Kecamatan Mesuji,  Sumatera Selatan telah ditumpangi kepentingan pihak tertentu. Untuk itu, diminta agar penanganan kasus tersebut harus ditangani secara profesional. Demikian dikatakan mantan Ketua PBNU yang kini jadi Sekjen International Conference of Islamic Scholar (ICIS), KH Hasyim Muzadi, saat memberikan materi dalam Kuliah Umum bertajuk “Budaya Kekerasan dan Terorisme, Budaya Kita?” di auditorium Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Indonesia, Depok, Rabu (21/12).

 

Menurut abah Hasyim, harus ada pemilahan masalah agar kasusnya tidak meluas. “Kasus Mesuji itu ditunggangi kepentingan. Jadi, untuk mengurai masalahnya harus profesional. Tempelan kepentingan itu harus disisihkan. Kalau dijadikan satu, masalahnya jadi beranak pinak,” katanya.

Menurut abah Hasyim, kekerasan yang terjadi saat ini sudah multi karakter. Kasus ini bukan saja masalah separatisme penggusuran, namun juga ketidakadilan. “Dalam masalah Mesuji itu over acting aparat pada sengketa tanah. Selain itu, juga ditumpangi kepentingan lain. Jadi untuk solusinya harus diurai masalahnya secara profesional,” jelasnya.

Sementara itu, kriminolog UI Adreanus Meliala menilai, dalam kasus Mesuji harus dilihat secara utuh, dan tidak bisa secara langsung menyalahkan aparat begitu saja. Menurut dia, banyak dimensi yang bisa dilihat dalam kasus tersebut, misalnya apakah aparat bertindak karena bentuk reaksi atau provokasi.

Menurut dia ada semacam hubungan sejarah, bahwa sikap petani zaman dahulu dan saat ini yang cenderung keras. Selain itu, masih adanya arus informasi yang tidak sampai pada masyarakat setempat, baik dari pemerintah daerah atau pun pengusaha. “Jadi dalam melihat kasus Mesuji ini, banyak dimensi yang bisa digunakan dan dilihat secara utuh,” katanya.

Sebagai solusi, Adreanus menyatakan, pemerintah harus mengamandemen undang-undang pertanahan. Jangan sampai terdapat tanah yang menganggur, sehingga penguasa tanah luas dan pemilik tanah sempit tidak bisa berbuat apa-apa. “Selain itu, budaya petani yang marah harus mendapatkan perhatian serius dari pemerintah,” pungkasnya. [pikiranrakyat]

Berita yang masih hangat tentang Tragedi Mesuji

Video berita: Penyebab Konflik Pembantaian Mesuji

Video Pembantaian Tragedi Mesuji