Tag

, , , , , , ,

Gus Dur yang asli dimana?Mahfud MD memperingati 2 tahun wafatnya Gus Dur dengan caranya sendiri yang kreatif dan menyegarkan. Ketua Mahkamah Konstitusi itu menggelar acara ‘Mengenang Humor-humor Gus Dur’ di rumah dinasnya, Kompleks Widya Chandra, Jakarta, Senin lalu. Mahfud menyatakan, dalam seminggu terakhir ini di Indonesia banyak sekali peringatan wafatnya Gus Dur dalam bentuk tahlilan. Maka untuk melihat sisi yang berbeda, Mahfud memilih mengenang Gus Dur dan humor-humornya. “Peringatan tahlilan Gus Dur sudah banyak, peringatan khusus menggelar humor-humor yang belum,” kata Mahfud MD.

Menurut Mahfud, selain pengetahuannya yang sangat luas, sikap politik dan pengabdiannya kepada masyarakat yang sangat kuat, Gus Dur juga dikenal sebagai tokoh yang kaya humor. Gus Dur merupakan sosok seorang pimpinan yang kaya dengan humor untuk menyampaikan pesan tertentu.

“Ketika saya jadi menteri, Gus Dur menasihati saya dengan cerita lucu untuk teguh pendirian dan cepat mengambil keputusan. Itu menyampaikannya humor, tapi maksud dia semua pemimpin itu tidak boleh ragu,” ujar Mahfud.

Mahfud menilai semua cerita Gus Dur mempunyai pesan tertentu, tidak sembarang humor. Setiap satu cerita yang sama bisa diceritakan ke setiap orang dengan pesan yang berbeda-beda.

Humor Gus Dur yang sesuai dengan saat sekarang, kata Mahfud, adalah kita harus mengambil tindakan tegas. “Tidak boleh karena ada orang mengusulkan A, ada orang mengusulkan B, kita tidak mengambil keputusan, lalu melemparkan ke tengah-tengah masyarakat padahal keadaan semakin memburuk.”

“Kalau Gus Dur mengatakan, segera saja ambil keputusan, karena setiap pengambilan keputusan pasti ada risikonya. Termasuk kalau tidak mengambil keputusan, itu akan jauh lebih berat,” katanya.

Pada acara itu, para pejabat, sahabat, dan murid Gus Dur diberi kesempatan untuk bercerita tentang pengalaman lucunya bersama Gus Dur. Acara berlangsung santai dan penuh gelak tawa. Dihadiri oleh ibu Shinta Nuriyah, Ketua PBNU Said Aqil Siraj, Wakil Ketua MPR Lukman Hakim, Akbar Tandjung, Ryaas Rasyid, Hasyim Muzadi, hakim-hakim Konstitusi, pengamat, para sahabat dan murid Gus Dur. [vivanews]

Gus Dur Tak Cuma Pintar Tapi Juga Humoris

Sosok Mantan Presiden RI Keempat, Almarhum Abdurrahman Wahid atau akrab disapa Gus Dur tidak hanya pintar, namun juga kepintarannya seimbang dengan rasa humornya.

“Gus Dur itu bukan cuma pintar, tapi dia juga jago humornya,” ujar sahabat Gus Dur, Cendekiawan Muslim Muhammadiyah, Moeslim Abdurrahman kepada wartawan di rumah Ketua MK Mahfud MD dalam acara mengenang 2 Tahun Gus Dur.

Sosok Gus Dur, ketika setiap menghadiri dialog selalu menyempatkan melawak, sehingga suasana formal menjadi cair.  “Tidak hanya suka menjual humor, Gus Dur itu setiap dialog juga menjual pesantren. Itulah hebatnya beliau,” jelas Moeslim.

Selain itu, Gus Dur juga merupakan sosok yang kreatif ketika menghadapi tekanan demi tekanan dari opposisi atau pun lawan-lawannya dengan menggunakan senjata andalannya yaitu humor. “Asal punya musuh, justru beliau makin kreatif menghadapi tekanan dengan humor-humornya,” ungkap Moeslim. [tribunnews]

gus dur haul ke 2 humornya masih diperlukan mahfud md

Video Lawakan Gus Dur di YouTube

Nasehat Gus Dur ketika terbaring di RSCM

Alunan Sholawat Suara Emas Gus Dur

Sholawat bacaan Gus Dur yang menyentuh hati

Syair Abu Nawas (Munajat Gus Dur)

Berita yang masih hangat tentang Haul ke-2 Gus Dur