Tag

, , , , , , , ,

Gus Dur yang asli dimana?Mahfud MD, Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ketika ditanya tentang pendapatnya apakah Gus Dur itu wali atau bukan, berkelit bahwa yang tahu seorang wali adalah wali. “Dan saya bukan wali,” katanya, disela-sela acara Pekan Konstitusi di Jakarta, Jum’at (4/2).

Namun demikian, pria asal Madura yang pernah menjabat sebagai Menteri Pertahanan di era presiden KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) ini mengaku ikut mengalami dan menyaksikan beberapa kali sikap dan penyataan aneh yang dilakukan oleh Gus Dur. 

“Saya pribadi sering melihat sikap dan pernyataan aneh Gus Dur. Misalnya sebelum mengambil sebuah keputusan, beliau berkonsultasi dulu dengan Mbah Hasyim (KH Hasyim Asy’ari, kakeknya yang meninggal tahun 1947.red). ‘Saya nanti malam mau ketemu Mbah Hasyim dulu’,” katanya.

Ia menambahkan, untuk berdialog dengan orang yang sudah meninggal, Gus Dur meminta pertolongan pada kiai, salah satunya seorang kiai dari Pati. “Pernah juga mengaku minta tolong Lily Wahid (adiknya) untuk bisa berdialog dengan Mbah Hasyim,” tambahnya.

Ditegaskannya, ada pernyataan aneh dari Gus Dur yang terbukti kebenarannya, tetapi ada juga yang tak terjadi apa-apa, tapi sayang ia tak mau menyebutkan berapa persen probabilitas kebenarannya tersebut. [nuonline]

Tajamnya Pendengaran Gus Dur

Gus Dur dikenal sebagai pemimpin yang merakyat, termasuk dalam hal berpakaian. Dia tak mau tampil berbeda dan mewah yang mengesankan berjarak dengan umatnya. Pakaian yang dikenakan tak berbeda dengan yang masyarakat pada umumnya.

Suatu ketika Gus Dur menghadiri diskusi yang diselenggarakan oleh Lembaga Kemaslahatan Keluarga NU (LKKNU). Pakaian sangat biasa yang dikenakannya mengundang seorang ibu yang duduk jauh dibelakang bergosip dengan teman duduk disampingnya dengan dana bicara perlahan-lahan.

Ia menganggap seorang pemimpin harus berpenampilan necis sebagaimana sering dilihat di TV untuk menghasilkan pencitraan yang bagus.

Tak dinyana, Gus Dur yang duduk dimeja narasumber langsung mengomentari rasan-rasan dari belakang tadi. Ia menegaskan, memang sengaja berpakaian ala kadarnya agar tidak menimbulkan jarak dengan umat dan masyarakat yang selama ini hidup sederhana dan masih membutuhkan dukungan.

Tentu saja si penggosip tadi terkejut. Dia tak pernah menyangka bahwa Gus Dur mampu mendengar bisikan dari jarak jauh, yang orang biasa tidak akan mampu mendengarnya. [nuonline]

Inilah video Munajat Gus Dur di YouTube