Tag

, , , , , , , ,

gus dur punya rahasia doa 10000 wirid di masjidil haramAdanya fenomena masyarakat yang berbondong-bondong bertakziah saat wafatnya Gus Dur, hingga semaraknya orang berziarah ke makamnya, tidak hanya mengherankan para pengamat sosial dan politik, tetapi juga  menghebohkan kalangan ulama khawas (ulama khos), sehingga hal itu menjadi pembicaraan serius di kalangan mereka.

Suatu ketika ada seorang ulama khos yang menyampaikan hal itu kepada KH Hasyim Muzadi, tentang karamah Gus Dur itu. Walau pun KH Hasyim Muzadi telah menemani Gus Dur lebih dari 20 tahun yang lalu, sejak Muktamar NU tahun 1979 di Semarang, ikhwal kewalian Gus Dur itu baru diuangkapkan saat ini.

Menurut aulliya tersebut, bahwa surga itu memiliki berbagai macam pintu, antara lain pintunya orang alim, pintu orang sabar, pintu para syuhada, pintu para muttaqin dan lain sebagainya. Selain itu ada pula pintu orang yang memiliki itikad dan niat baik tetapi walau pun selalu disalahpami orang dan dicaci-maki orang, namun tetap dijalankan dengan segala risiko.

Gus Dur memiliki keunggulan itu. Pertama ia merupakan orang sabar dalam proses pembinaan masyarakat, sehingga seolah Gus Dur menjadi orang yang cuek terhadap kritik orang  dan kedua juga tidak mundur ketika dicacimaki karena gagasannya yang dianggap kontroversial.

Singkatnya, menurut wali tersebut, Gus Dur dua pintu masuk ke surga, yakni pintunya orang yang sabar dan pintunya seorang ‘pionir’ yang sering disalah pahami orang. Maka tidak aneh kalau masyarakat mengerubungi Gus Dur saat meninggal melebihi ulama mana pun saat ini.

Sebagai orang memiliki kegigihan dan ketulusan dalam hidupnya Gus Dur memang layak mendapatkan dua pintu masuk ke dalam surga itu.

“Sementara kita mendapat jendelanya surga saja belum tentu,” celetuk Hasyim Muzadi kepada ulama khos tadi. Karena itu semangat juang dan pengabdian Gus Dur itu yang perlu kita teladani, sehingga hidupnya menjadi payung siapapun, bermanfaat pada siapa pun. (nu-online)

“Ini adalah kehormatan (bagi mereka). Dan sesungguhnya bagi orang-orang yang bertakwa benar-benar (disediakan) tempat kembali yang baik, (yaitu) surga ‘Adn yang pintu-pintunya terbuka bagi mereka,” (QS Shaad, 38:49-50)

Inilah video Munajat Gus Dur di YouTube